Politeknik negeri di bawah Kementerian Perindustrian RI yang memberikan beasiswa akademik  penuh dan fasilitas asrama di tahun pertama kepada seluruh mahasiswa

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Industri Logam Morowali Tahun 2022 diserbu pendaftar. Berdasarkan data pendaftar per 26 April 2022 Pada website resmi pendaftaran Jalur Penerimaan Vokasi Industri (jarvis.kemenperin.go.id ), tercatat 1.003 pendaftar yang memilih Politeknik industri Logam Morowali. Angka tersebut merupakan jumlah pendaftar tertinggi dari 12 Politeknik/ akademi komunitas di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Jenjang pendidikan di PILM adalah program diploma III dengan tiga program studi: Teknik Listrik dan Instalasi, Teknik Kimia Mineral, dan Teknik Perawatan Mesin.

Politeknik Industri Logam Morowali menganut sistem pendidikan berkonsep link and match dengan kawasan industri. Metode pembelajaran dan kurikulum di PILM berbasis pada kebutuhan industri logam nasional.

Proses pengajaran dan kegiatan transfer of knowledge juga mendatangkan dosen dari praktisi industri. Mahasiswa juga dibekali dengan program magang di kawasan industri selama dua semester.

Dalam pengembangan kualitas akademik, Politeknik Industri Logam Morowali juga bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan ternama. Hingga saat ini, kerja sama telah dijalin dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Politeknik Manufaktur bandung, Politeknik ATI Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan berbagai lembaga pendiqdikan lainnya. Fasilitas laboratorium dan workshop pun tergolong lengkap dan memenuhi standar industri.

Nantinya, lulusan PILM ditargetkan mengisi kebutuhan SDM berkualitas di bidang industri pengolahan logam, khususnya di Kawasan Industri Morowali dan kawasan Indonesia bagian timur lainnya.