Prof. Isa: Tuntutan untuk Belajar Mandiri adalah Pola Dasar di Perguruan Tinggi

Berbagi Kabar Ini

“Anda jangan menyianyiakan waktu, jangan tidak disiplin, anda harus menyadari bahwa anda akan menjadi mahasiswa, harus memiliki kemampuan untuk belajar secara disiplin dan mandiri.” -Prof. Dr. Ir. Isa Setiasyah Toha.

Pada hari kedua PKKMB Politeknik Industri Logam Morowali, Selasa (22/9), calon mahasiswa baru juga dibekali dengan materi Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia. Materi ini disampaikan secara langsung oleh Direktur Politeknik Industri Logam Morowali, Prof. Dr. Ir. Isa Setiasyah Toha. Pada sesi ini, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan mengenai sistem pendidikan tinggi yang akan mereka jalani selama 3 tahun kedepan.

Prof. Dr. Ir. Isa Setiasyah Toha membuka materi dengan mengenalkan konsep Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “KKNI itu adalah kerangka besar yang menyatakan bagaimana penjenjangan kualitas SDM di Indonesia. Jadi semua SDM di Indonesia ini kualifikasinya digambarkan atau diatur oleh KKNI.” Jelas Prof. Dr. Ir. Isa Setiasyah Toha.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Ir. Isa Setiasyah Toha memaparkan, “KKNI juga merupakan cara pengakuan kualifikasi sehingga anda bisa melihat bahwa anda berada pada level yang mana. Dalam KKNI ini terdapat 9 level atau tingkatan. Anda mendaftar sebagai mahasiswa, artinya anda akan mencapai tingkatan kualifikasi ini melalui jalur pendidikan formal.”

Dokumentasi 2019

Prof. Isa juga menjelaskan karakteristik dalam menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi, di antaranya, bersikap mandiri, inisiatif, kreatif, jujur, dan menghargai Orang lain. “Tuntutan untuk belajar mandiri adalah pola dasar belajar di perguruan tinggi. Sehingga belajar di perguruan tinggi ini, anda harus mandiri, jangan tergantung dosen, orang tua, tetapi anda harus mandiri, jadi belajar di perguruan tinggi ini mendorong kemandirian anda.”

Dokumentasi 2019

Politeknik Industri Logam Morowali menerapkan pola pendidikan yang berkesinambungan dengan kualifikasi industri. Selain itu, Politeknik Industri Logam Morowali menganut sistem pendidikan yang link and match dengan industri. Prof. Isa mengingatkan, dalam kondisi Covid-19 saat ini sangat menuntut kemampuan dan disiplin untuk belajar mandiri. “Anda jangan menyianyiakan waktu, jangan tidak disiplin, anda harus menyadari bahwa anda akan menjadi mahasiswa, harus memiliki kemampuan untuk belajar secara disiplin dan mandiri.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kabar Lainnya

PKKMB Politeknik Industri Logam Morowali Berlangsung Khidmat

Berbagi Kabar Ini

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Politeknik Industri Logam Morowali Tahun 2020 resmi digelar. Acara ini berlangsung selama empat hari sejak Senin (21/9) hingga Kamis (24/9). Meskipun harus dihelat secara virtual, tak sedikitpun menyurutkan semangat dan antusiasme para calon peserta didik Politeknik Industri Logam Morowali ini. Acara PKKMB Tahun 2020 ini dibuka oleh Direktur Politeknik […]

Masuki Kehidupan Kampus, Kenali Potensi Diri Sejak Dini

Berbagi Kabar Ini

“Kita perlu betul-betul melatih untuk me-manage waktu, menetapkan prioritas, agar kita tidak melakukan penundaan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari,” – Dr. Ismarli Muis, M.Si. Antusiasme dan semangat ditunjukkan calon mahasiswa baru Politeknik Industri Logam Morowali dalam mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2020. Memasuki hari kedua PKKMB, calon mahasiswa baru dibekali dengan materi […]