Berbagi Kabar Ini


Politeknik negeri di bawah Kementerian Perindustrian RI ini memberikan beasiswa penuh dan fasilitas asrama kepada seluruh mahasiswa. Proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru akan dilakukan di Morowali, Makassar, Palu, dan Kendari.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang industri. Di antaranya dengan pendirian politeknik di kawasan industri. Salah satunya adalah Politeknik Industri Logam Morowali (PILM). “Sejak awal, Politeknik Industri Logam Morowali didirikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, khususnya bagi putra-putri di Sulawesi dan sekitarnya,” jelas Yusdianto, STP., M.Si., Pembantu Direktur III PILM. 

Politeknik negeri yang terletak di Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah ini didirikan sejak 2017 lalu. Direktur PILM, Prof. Dr. Ir. Isa Setiasyah Toha, M.Sc., merupakan guru besar di Institut Teknologi Bandung yang juga pernah menjabat Direktur Politeknik Manufaktur Bandung.

Sejak awal, politeknik ini ditargetkan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang industri pengolahan logam nasional. Selain memberikan beasiswa penuh hingga lulus, ada pula fasilitas asrama gratis di tahun pertama.

Tak ayal, setiap tahun politeknik ini selalu diserbu pendaftar. Antusiasme yang tak kalah tinggi juga terlihat pada periode pendaftaran tahun ini. Periode pendaftaran tahun ini dimulai sejak 1 April 2019 hingga 13 Juli mendatang. “Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra – putrid terbaik di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan sekitarnya untuk dididik menjadi insan profesional dan berkualitas, yang dibutuhkan oleh industri,” papar Agus Salim Opu, Pembantu Direktur Politeknik Industri Logam Morowali.

Akun Instagran @Poltek_Morowali dan akun facebook @Politeknik Industri Logam Morowali pun mulai diserbu para calon pendaftar. Baik hanya sekedar bertanya maupun memastikan persyaratan pendaftaran.  

Jenjang pendidikan yang dibuka adalah program diploma III dengan tiga program studi: Teknik Listrik dan Instalasi, Teknik Kimia Mineral, dan Teknik Perawatan Mesin. Para pendaftar hanya dapat memilih satu dari tiga program studi.

Proses pendaftaran mahasiswa baru dilakukan dengan sistem online. Para calon pendaftar dapat melakukan proses registrasi dan pengiriman berkas melalui website “sisformik.pilm.ac.id/pmb”. Lebih lanjut, prosedur dan syarat-syarat pendaftaran lainnya dapat diakses di website “pilm.ac.id”.

“Sistem penerimaan mahasiswa baru berbasis online ini bertujuan menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam proses seleksi. Dengan demikian, peserta yang lolos  nantinya betul-betul mahasiswa pilihan, dengan kualitas akademik yang mumpuni,” papar Yusdianto , STP., M.Si., Pembantu Direktur Politeknik Industri Logam Morowali.

Link and match” dengan sektor industri.

Politeknik Industri Logam Morowali menganut sistem pendidikan berkonsep link and match dengan kawasan industri. Metode pembelajaran dan kurikulum di PILM berbasis pada kebutuhan industri logam nasional. Proses pengajaran dan kegiatan transfer of knowledge juga mendatangkan dosen dari praktisi industri. Mahasiswa juga dibekali dengan program magang di kawasan industri selama dua semester.

Lulusan PILM ditargetkan mengisi kebutuhan SDM berkualitas di bidang industri pengolahan logam, khususnya di Kawasan Industri Morowali dan kawasan Indonesia bagian timur lainnya.

Dalam pengembangan kualitas akademik, Politeknik Industri Logam Morowali juga bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan ternama. Hingga saat ini, kerja sama telah dijalin dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Politeknik Manufaktur bandung, Politeknik ATI Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan berbagai lembaga pendidikan lainnya. “Fasilitas laboratorium dan workshop kita juga sangat lengkap dan memenuhi standar industri, semua ini untuk kemajuan kualitas SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri,” pungkas Agus Salim Opu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.